Ke Pulau Tidung tanpa ada Agen Wisata

Ke Pulau Tidung Tanpa ada Agen Wisata pada akhirnya jadi pilihan kami, untuk isi berlibur cuti tahun, kebetulan tubuh sedang kurang bugar, jadi kami putuskan untuk mencari obyek wisata dekat kota Jakarta.Sebelum putuskan ke pulau tidung tanpa ada agen wisata kami searching di internet travel yang sediakan paket tur serta trip pulau tidung 3h2m di hari libur weekend, karena kami merencanakan ke pulau tidung di hari kerja, cuma ada pilihan paket private ke pulau tidung untuk 2 orang dengan ongkos yang lumayan mahal, maklum karena private.

Persiapan ke pulau tidung diawali, kami packing fasilitas untuk berlibur 3 hari 2 malam sama istriku. Menyengaja kami tidak membawa juga beberapa anak karena mereka tidak libur sekolah, terasanya waktu pacaran. Weeeh.

Sediakan catatan rute ke pulau tidung
St Bogor > St Tanah Abang / Kota > Muara Angke > Kali Dingin > Pulau Tidung.
Senin pagi kami pergi naik kereta komuterline paling pagi, ada dua agenda keberangkatan kereta paling Pagi yakni :
Agenda Kereta Bogor -Tanah Abang
( pergi 4.00 wib - sampai Tanah Abang 5.15 wib. )
Agenda Kereta Bogor - Jakarta Kota
( pergi 4.05 wib – sampai Jkt Kota 5.25 wib )
harga ticket sama Rp.5.000+DepositRp.10.000, deposit dapat menguangkan kembali di loket stasiun arah. Kami putuskan naik kereta yang ke Tanah Abang karena lebih pagi.

Sampai di stasiun Tanah Abang sebetulnya kami dapat naik mikrolet jurusan stasiun kota M08 (Rp.4.000) turun di stasiun kota lanjut naik Kopami 02 jurusan Muara Karang turun dekat Muara Angke (Rp.5.000), dari muara angke dapat naik ojek roda tiga per orang Rp.5.000, tetapi karena memburu waktu keberangkatan kapal jam 6 pagi, kami putuskan naik taxi dari St Tanah Abang ke dermaga kali dingin +Rp. 80.000.

Mulai bulan Agustus 2015 semua kapal ojek yang biasa berlabuh di dermaga muara angke dipindahkan ke Dermaga kali dingin. Serta mulai September 2015 diresmikan skema ticket.Karena kami ke pulau tidung di hari kerja, cuma ada satu agenda kapal ojek arah Pulau Tidung serta ke kepulau lain di kepulauan seribu, yang pergi saat pagi hari jam 6.00 -7.00 wib bila kapal telah penuh.

Sedang kapal Dishub bantuan pemerintah KM Kerapu terkadang pergi siang hari jam 11.00 wib bergantung kondisi laut, Biaya Kapal ojek serta kapal dishub sama Rp.40.000. dengan arah pulau tidung.

Bila anda ingin pilih kapal yang bertambah nyaman, anda bisa coba kapal cepat dari dermaga Marina Ancol dengan rata-rata biaya kapal arah pulau tidung di antara Rp.220.000 - Rp.350.000 plus biaya masuk ancol Rp.15.000 - Rp.25.000 perorang sekali jalan.Kami mencari sikap duduk yang nyaman di dek sisi atas KM Anugerah, didekat kami ada 2 orang bule duduk dengan muka kuatir. Hehehe. Kemungkinan tidak percaya dengan safety kapal ojek hehehe. untuk yang menyukai mabuk laut minumlah antimo (iklan terselubung hehe) sebelum naik kapal.

Alhamdulillah perjalanan ke pulau tidung kira-kira 2.5 – 3 jam lancar, ombak tenang ditemani sekumpulan lumba-lumba mulut botol ikuti kapal kami.

Sebatas panduan bulan paling baik ke Pulau Tidung ialah di antara bulan April sd September, karena umumnya pada bulan bulan itu langit cerah serta ombak tenang.

Sampai di Pulau Tidung kami langsung diterima pemandu lokal namanya Bang boy, karena kami belum memperoleh penginapan kami langsung meminta antar ke penginapan dengan view tepi pantai, kami diantar ke penginapan bu Ina juara 3 katagori A untuk homestay, kami mengambil kamar untuk 2 orang yang sebetulnya cukup untuk 6 orang, dengan sarana AC, TV, Dispenser+Aqua Galon, Kamar mandi. Halaman lumayan luas serta dekat sama pantai. Harga untuk hari libur 300 – 350 rb, karena hari kerja serta kami Hanya berdua bisa harga 300rb plus makan 3 kali Cukup. Penginapan sediakan sewa alat snorkling komplet yang dapat disewa seharga 30rb. Bikin harga tambah murah dapat dinego. Bang boy dengan sigap membawakan kami 2 buah sepeda dengan biaya 15 rb per sepeda. Karena kami ingin privacy karena itu kami berikan terima kasih pada Bang Boy dengan menyisipkan panduan ala kadarnya karena telah menolong kami.Sebetulnya banyak Homestay bersebaran di pulau tidung kepulauan seribu dengan rata-rata harga 150rb sd 600 rb. /hari. Tetapi bila hari berlibur datang rata-rata homestay di Pulau Tidung sudah kerja sama serta dibooking oleh Agen Travel. Sebaiknya buat anda yang ingin 'Ke Pulau Tidung Tanpa ada Agen Wisata', seharusnya Booking penginapan jauh hari sebelum pergi. Baca : Daftar Penginapan homestay pulau tidung.

Apabila pergi dengan rombongan ke Pulau Tidung lebih baik anda memakai Layanan Agen wisata Supaya berlibur anda lebih terencana.